3 Penyakit yang Jadi Penyebab Peradangan Testis

Klinik Apollo, Jakarta – Peradangan testis atau istilah ilmiahnya disebut dengan orkitis, salah satu dari sekian banyak gangguan yang terkait dengan genital pria.

Adapun penyebab peradangan testis, yaitu bakteri dan virus yang juga menjadi dalang dari penyakit tertentu. Penyakit-penyakit dari kedua mikroorganisme itulah yang juga memicu terjadinya orchitis.

Dengan berbagai gejala yang menyertai, Anda perlu mewaspadai infeksi testis. Lantas, apa sajakah penyakit yang merupakan penyebab peradangan testis?

Simak tulisan ini hingga tuntas agar mendapatkan pemahaman yang jelas.

Konsultasi online gratis di sini: https://bit.ly/3Y112N5

Penyebab Peradangan Testis dari Penyakit Akibat Virus dan Bakteri

Penyakit yang Jadi Penyebab Peradangan Testis
Img: klinikapollojakarta.com

Berbagai masalah kesehatan pada pria dapat timbul dengan keberadaan yang bermula dari virus dan bakteri yang masuk, kemudian mendatangkan gejala orkitis kepada para pria yang tergolong sebagai pelaku seksual, penderita mumps, orang yang terkena infeksi dari radang panggul, dan lain sebagainya.

Segala kemungkinan yang terkait dengan kondisi medis tersebut tidak mungkin terjadi begitu saja jika tidak ada pemicunya. Berikut adalah tiga penyebab peradangan testis yang berasal dari berbagai penyakit yang harus diketahui.

1. Penyakit Gonore

Gonore atau penyakit kencing nanah merupakan infeksi yang dapat terjadi pada setiap orang. Namun, orang-orang yang berperilaku seksual secara tidak wajar memiliki sensitivitas yang berlebih terhadap gonore.

Ketika bakteri Neisseria gonorhoeae menyebar ke saluran reproduksi dan saluran epididimis yang terhubung dengan testis, peradangan yang melibatkan testis dan menyebabkan orkitis dapat terjadi.

Infeksi dimulai ketika bakteri gonore memasuki tubuh melalui kontak seksual dengan pasangan yang terinfeksi.

Bakteri ini dapat merambat melalui saluran uretra hingga sampai ke epididimis. Setelah tiba di epididimis, bakteri mulai berkembang biak dan menginfeksi seluruh area di sekitarnya.

Reaksi kekebalan tubuh terhadap infeksi ini mengundang peradangan pada epididimis dan seiring waktu dapat melibatkan testis (biji zakar), kemudian menimbulkan nyeri, pembengkakan, dan sensasi tidak nyaman.

2. Penyakit Epididimitis

Epididimitis adalah kondisi medis yang dapat mengganggu pria dengan keluhan berupa peradangan epididimis, organ yang menjadi kontributor bagi sperma untuk melakukan segala hal.

Gangguan kesehatan tersebut merupakan sebab dari terjadinya peradangan testis, loh. Jadi, epididimis yang letaknya tepat di belakang testis akan menyebarkan infeksi bakteri.

Adapun penyebarannya dapat melalui saluran penghubung antara epididimis dengan testis dan juga melalui pembuluh darah.

Ketika testis terkena infeksi dan peradangan, ini menjadikannya penyakit orchitis, yang pada gilirannya menyebabkan gejala, antara lain, nyeri, bengkak, kemerahan, dengan sensasi panas yang luar biasa.

3. Penyakit Gondongan

Gondongan merupakan penyakit yang disebabkan virus dari spesies paramyxovirus. Biasanya, pengidap dari penyakit tersebut ialah anak-anak.

Akan tetapi, orang dewasa juga dapat menderita penyakit ini. Penyakit gondongan memiliki keterkaitan dengan iritasi testis secara intens.

Faktanya, infeksi gondong menjadi penyebab dari membesarnya buah zakar. Hal itu terjadi ketika virus menyebar ke testis melalui sistem limfatik atau aliran darah.

Setelah mencapai testis, virus dapat menginfeksi sel-sel dalam jaringan testis dan memicu respon peradangan. Gejala yang timbul akibat gondongan, sama dengan gonore dan epididimitis.

Namun, terkadang penyakit flu, kelelahan, dan nyeri otot juga dapat terjadi. Orkitis gondongan biasanya mempengaruhi satu testis, tetapi pada beberapa kasus, kedua testis dapat terkena, dan biasanya terjadi beberapa hari setelah gejala gondongan lainnya, seperti pembesaran kelenjar parotis.

Jangan panik jika Anda terkena penyakit-penyakit yang menjadi penyebab peradangan testis di atas dan menderita gejala tertentu.

Anda hanya perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusi berupa terapi dan perawatan yang tepat.

Konsultasi online gratis di sini: https://bit.ly/3Y112N5

Sumber: Klinik Apollo 04/06/2023

https://medium.com/@klinik_apollo/pantangan-penyakit-sifilis-hindari-agar-tidak-bertambah-parah-9b7b15dc9e8

https://www.wattpad.com/1349375500-informasi-seputar-penyakit-menular-seksual

https://www.plurk.com/p/pa1zd3

https://www.sbookmarking.com/story/pantangan-penyakit-sifilis-hindari-agar-tidak-bertambah-parah

https://images.google.com.mm/url?q=https://blog.klinikapollojakarta.com/infeksi-saluran-kemih-sering-kambuh-inilah-penyebabnya/

http://www.google.am/url?sa=i&url=https://blog.klinikapollojakarta.com/infeksi-saluran-kemih-sering-kambuh-inilah-penyebabnya/

https://www.brownbook.net/business/51758950/infeksi-saluran-kemih-sering-kambuh-inilah-penyebabnya/

https://www.instapaper.com/p/apolloklinik

https://justpaste.it/infeksi-saluran-kemih-kambuh

https://trello.com/w/infeksisalurankemihseringkambuhinilahpenyebabnya

https://maps.google.com.eg/url?q=https://blog.klinikapollojakarta.com/10-pantangan-penyakit-sifilis-hindari-agar-tidak-bertambah-parah/

http://maps.google.ml/url?q=https://blog.klinikapollojakarta.com/10-pantangan-penyakit-sifilis-hindari-agar-tidak-bertambah-parah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar